Sumpah Pemuda,.

Tak terasa (sudah lama) sudah 80 tahun berlalu sejak peristiwa yang mengukir torehan sejarah dalam perjuangan bangsa Indonesia dalam mempersatukan berbagai perbedaan yang ada di seluruh tanah air Indonesia,.

28 Oktober 1928, tanggal yang bersejarah dalam persatuan bangsa Indonesia, momen yang tiada akan terhapus dari benak rekan-rekan yang senantiasa berjuang demi kepentingan bangsa ini, mereka yang tanpa pamrih mencurahkan jiwa, raga dan pikiran demi kemajuan bangsa,.

Akan tetapi, pada kenyataannya, masihkah ada sosok yang demikian mulia dan dengan polos tulusnya mengorbankan segala yang dimiliki hanya demi apa yang disebut dengan bangsa,.

Masihkah ada di masa sekarang, orang yang benar-benar meniatkan setiap langkah kakinya, baik itu di kantor, pemerintahan bahkan hingga sekolah dan perguruan tinggi, sekedar untuk menjadi pribadi yang dapat berkontribusi bagi bangsa ini,.

Apakah ternyata untaian kalimat indah di awal tulisan ini hanya khayalan semata untuk dapat terwujud di masa yang serba global seperti sekarang ini,.

Jawaban pertanyaan-pertanyaan semacam itu dan berbagai pertanyaan lain yang senantiasa kita pertanyakan ketika membicarakan kepahlawanan dengan melihat kondisi bangsa saat ini, sesungguhnya bukanlah hal yang harus dijawab oleh orang lain di sekitar kita,.

Kita sendiri lah yang harus menjawab semua pertanyaan itu, tidak sekedar dengan ucapan, namun dengan sikap dan perbuatan yang tercermin dalam keseharian kita,.

Akankah kita menjawabnya dengan nada penuh semangat dan tatapan perjuangan serta kesiapan untuk berjuang?? Ataukah kita hanya sekedar tersenyum sinis dan bersembunyi di balik kepentingan pribadi semata??

WeLL, Live is TOO valuabLe to be wasted on ourselves ONLY,.

4 comments so far

  1. RATIHdian on

    gw pernah liat dMetro TV,,mantan wakil panglima pejuang pro integrasi timtim Eurico Guteres.. Dia bahkan milih utk bela RI dan dkorbankan sbg org g bertanggung jawab atas kerusuhan pasca jajak pendapat dan dpenjara selama 10 tahun.. padahal beliau asli kturunan timtim..

  2. dwinanto on

    Memang tidak jarang masyarakat kita belum siap menerima perubahan dan orang-orang yang menggerakkan perubahan itu,.
    Meski sebenarnya perubahan itu adalah untuk yang lebih baik,.

  3. riripinkygirl on

    Hmmm… agak susah emang ngejawabnya…
    masih ada ga ya???
    tp menurut ri pasti ada ko yg masih punya jiwa nasionalisme…
    masa c dari sekian banyak jumlah penduduk di Indonesia kagak ada yang punya nasionalisme???
    hehehe…

    “kami pemuda-pemudi Indonesia berjanji………….”

  4. dwinanto on

    Hmm,.
    Iya sih, tapi kLo terlalu sedikit juga bermasalah,.😦


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: