Penonton vs Pendukung,.

Kali ini hendak membahas seputar ajang Olimpiade KM ITB 2009 yang tengah berlangsung di ITB. Bukan membahas keseluruhan pertandingan, bukan juga membahas berbagai pertandingan yang sudah, sedang dan akan berlangsung, namun lebih menujukan fokus ke cabang bulu tangkis beregu yang baru saja siang hingga sore hari Rabu (21/01/09) berlangsung,.

Awalnya bingung dengan konsep regu yang dimaksud dalam hal ini, karena selama ini hanya paham bahwa ada pertandingan tunggal/ganda putra/putri/campuran,.🙂

Akhirnya mengetahui bahwa pertandingan beregu dalam bulu tangkis terdiri dari 5 pertandingan yang merupakan hasil kombinasi dari seluruh bentuk pertandingan yang ada dalam bulu tangkis, dengan setiap tahap menghasilkan nilai 1 poin dan pemenang adalah yang terlebih dahulu mengumpulkan 3 poin,.😀

Pertandingan HMIF melawan rekan-rekan dari HIMATIKA yang dimulai sekitar pukul 14.00, berlangsung dengan seru dan diakhiri dengan kemenangan HMIF atas pertandingan tunggal putra, ganda putra dan ganda campuran dengan skor akhir adalah 3-2,.🙂

Susunan tim HMIF ketika itu adalah:

  1. tunggal putra : Arif IF’06
  2. ganda putri : Putri IF’05 – Inay IF’05
  3. tunggal putri : Inay IF’05
  4. ganda putra : Larsa IF’06 – Budi IF’06
  5. ganda campuran : Arif IF’06 – Putri IF’05

Dari sekian banyak pertandingan yang selama ini telah disaksikan, baik dalam momen Olimpiade KM ITB, terdapat suatu hal yang sangat disadari terkait perbedaan dua hal, yaitu penonton dengan pendukung,.

Seorang penonton tidak memiliki kepentingan dan ketertarikan langsung dalam pertandingan yang terjadi,.

Sehingga, seorang penonton tidak akan banyak bereaksi ketika terjadi sejumlah kemelut atau pencetakan angka dalam pertandingan yang ditontonnya dan memang peran penonton tidak signifikan bagi semangat atau kondisi mental pemain yang bersangkutan,.

Dalam istilah lain, penonton adalah orang yang netral dan tidak begitu perduli pihak mana yang memenangkan pertandingan, aktivitas menontonnya hanya untuk memenuhi waktu kosongnya belaka atau sekedar mengamati dan tiada tujuan lain yang bersangkutan dengan pihak yang bertanding,.

Seorang pendukung adalah orang yang memiliki suatu ikatan, biasanya berupa ikatan batin, terhadap pihak yang terlibat dalam pertandingan yang terjadi,.

Dalam hal ini, pendukung senantiasa bereaksi dengan apa yang terjadi di pertandingan, dan biasanya reaksi tersebut berpengaruh besar bagi mental para pemain yang terlibat dalam pertandingan, baik secara langsung maupun tidak langsung,.

Dengan kata lain, pendukung akan memihak salah satu pihak untuk memenangkan pertandingan dan akan turut berbahagia dengan kemenangan yang diperoleh,.🙂

Hingga saat ini, berapa banyakkah dari kita yang kadang menyatakan diri sebagai pendukung, namun terlihat sebagai sekedar penonton belaka dalam suatu pertandingan,.

WeLL, ….

4 comments so far

  1. shintashinta on

    Saya mah mendukung semua..
    Mw mundur dr dunia persilatan,,
    jd penonton aja ah..

  2. dwinanto on

    Walah2, gawat juga ini orang,.
    Jangan buru-buru, udah dipastiin belum,.

  3. Fahrisal Akbar on

    Enakan jadi penonton, hanya duduk dan nonton….😀

  4. dwinanto on

    Ada benarnya sih, soalnya kLo waktu tanding Persib (misalnya), yang ribut kan para Bobotoh, sisanya kabur,.😛


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: