Sidang Kasus IMG,.

Kamis (19/02/09) mulai pukul 09.00 hingga 15.00, bertempat di rektorat ITB jalan Tamansari, berlangsung sidang oleh komisi disiplin ITB terhadap kasus yang melibatkan rekan-rekan Ikatan Mahasiswa Teknik Geodesi (IMG) beberapa waktu yang lalu,.

Pihak yang hadir dalam persidangan tersebut yang terlibat dalam persidangan, tidak termasuk penonton adalah:

  1. pihak IMG, yaitu ketua IMG, Agun; ketua panitia acara IMG, Zahril; dan penanggungjawab lapangan ketika acara tersebut.
  2. pihak KM ITB, yaitu Presiden KM ITB, Shana; MWA Wakil Mahasiswa, Bagus; beserta tim MWA, Nita; dan tim advokasi IMG, Jack.
  3. pihak komisi disiplin ITB dan institusi

Berdasarkan aturan yang ada, hukuman yang dijatuhkan merupakan keputusan rektor, dengan melalui rekomendasi yang dihasilkan melalui sidang tersebut. Dalam kasus ini, hukuman paling ringan yang akan dikeluarkan adalah peringatan berat dan hukuman paling berat adalah dicabutnya status mahasiswa. Keputusan akhirakan diumumkan secara resmi pada hari Senin (23/02/09) pagi.

Selama sidang berlangsung, hal yang menjadi pembahasan adalah pemaparan aturan yang dilanggar oleh IMG, yang mencakup setidaknya 5 aturan secara institusi pendidikan ITB. Kemudian, disertai dengan penjelasan faktor yang dapat meringankan kondisi yang dihadapi IMG. Hal ini berbeda dengan kondisi yang dihadapi ketika kasus GEA, di mana sidang menjadi ajang penuduhan berbagai hal dan tanpa adanya pembelaan dan sejenisnya,.

Hal yang mengherankan adalah walaupun selama sidang berlangsung, sama sekali tidak disinggung mengenai hukuman terhadap pihak mahasiswa teknik geodesi angkatan 2007 yang menjadi peserta acara IMG tersebut, namun secara mendadak WRMA mengumumkan penjatuhan hukuman berupa pembatasan SKS bagi seluruh peserta acara IMG sebanyak maksimal 10 SKS. Bagaimana hal ini terjadi dan dari mana sumber keputusan tersebut berasal masih menjadi misteri,.

WeLL, nothing to say,.

12 comments so far

  1. Dhimas L N ---- (^-^)v on

    pertamaxs,,,

    trus nasib ketiga yg pertama itu gimana?

  2. anis on

    wogh, kenapa bisa tiba-tiba gitu, nampak merembet kemana-mana ini. oke, kalau sudah ada keputusannya posting lagi ya pak

  3. yanuar on

    iya … udah ada kabar belum to?

  4. riripinkygirl on

    Wah,,,
    parah banget nto klo ampe dibatesin gitu sksnya,,,
    Kasian kan jadi ga bisa lulus cepet,,,

  5. abe on

    lebih kasian lagi yang 2007 yang lagi ngambil sks buat ngulang tpb..
    kalo misalnya gak cukup 10 sks aja, bisa2 gak lulus tpb..
    gak lulus tpb == do??

  6. montercplus on

    assa.
    cih, crap lah WRMA itu. moso tiba2 peserta jd dpt hukuman..
    wass.

  7. dwinanto on

    @Dhimas: Nah, itu dia, belum dapat kabar lagi nih hari ini bagaimana pengumumannya,.

    @abe: betul sekali, bukan sekedar masalah lulus cepat, bahkan lulus normal pun jadi terancam sulit,.

    @monter: tah aVa emang,. -_-

  8. Adi P. Sujarwadi on

    bisa gawat ini ke depannya..

  9. dwinanto on

    Iya nih,.
    Butuh antisipasi lebih akurat dan terencana tampaknya,.

  10. shana on

    ada semua di peraturan akademik bros…
    coba dilihat lagi.
    pelanggaran emang maksimal tuh dikeluarkan dari itb.
    untuk anak 07,coba dibaca lagi, udah ada juga di peraturan akademik. si surat itu cuma untuk bukti ortu juga ngeh kalau ada aturan itu.

    brarti..emang ktia g pernah tau aturan ketika kita memasuki suatu lingkungan. kalau g sepakat, coba ajukan tinjau ulang.

    btw, tidak ada yang mendadak. KPNK akan sidang kalau ada laporan. yap… hayo, pada ngaku semua!! hehe

  11. shana on

    tambahan..

    KM ITB itu anggota komisi penegakan norma kemahasiswaan.. cek d buku lagi bos, ada ko..thx

  12. dwinanto on

    Weqs,.
    Terima kasih banyak atas infonya,.🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: